15 December 2011

Pemimpin Harus "ACTIVE"

Seorang pemimpin, biasanya dikaitkan dengar orang sukses, karena orang sukses, memiliki sikap dan sifat seorang pemimpin, minimal menjadi pemimpin untuk diri sendiri. Banyak orang bijak membuat persyaratan apa saja yang bisa membuat orang menjadi sukses, atau menjadi pemimpin. Sudah sering didengar hal-hal atau teori yang bisa menjadikan seseorang menjadi seorang pemimpin.
Berikut ini adalah hal yang bisa menjadi salah satu persyaratan menjadi pemimpin, yaitu ACTIVE (aktif ). Apa yang dimaksud dengan ACTIVE itu ?



A          : A Head ( Selalu berada di depan )
C          : Connected ( Memiliki banyak hubungan/ jaringan )
T          : Traveller ( Mencari ilmu dimana saja )
I           : Information Hungry ( Selalu memerlukan dan mencari informasi )
V          : Vocal ( berbicara dan pendengar yang baik )
E          : Expose ( tampil yang terbaik )

A HEAD ( Selalu berada di depan )
Seorang pemimpin diwajibkan atau memiliki persyaratan mutlak untuk selalu one step a head ( satu langkah di depan ). Bagaimana ia bisa memimpin dan mengetahui apa dan bagaimana yang dipimpin, jika ia tidak berada di depan atau terdepan.
Pemimpin yang baik, bisa dijadikan panutan pada saat ia berada di depan atau terdepan.
Yang menjadi pertanyaan, apa saja yang harus dimiliki supaya menjadi yang terdepan ?

Tetap kembali ke syarat awal :
·         Pengetahuan
·         Kemampuan
·         Sikap dan perilaku
·         Karakter
·         Pola pikir
·         Antusias dan motivasi
·         Pengambilan keputusan, dsb

CONNECTED ( memiliki banyak hubungan / jaringan )
Ini diartikan seperti memiliki relasi atau jaringan yang baik. Minimal berhubungan baik dengan kelompok yang dipimpin. Maka untuk menjadi seorang pemimpin diperlukan jaringan yang kuat baik dengan atasan, bawahan maupun dengan masyarakat sekitar, jadi pemimpin harus memiliki rasa kekeluargaan di dalam menjalin hubungan, dan memupuk rasa persaudaraan dengan baik.
Yang menjadi pertanyaan, apakah yang harus dilakukan untuk menjalin hubungan dengan baik?
Berpikir dan tanamkan, TIDAK ADA RUGINYA KITA PEDULI dengan SESAMA, KARENA DISITULAH RENCANA TUHAN BEKERJA, KARENA TUHAN TIDAK SUKA ORANG EGOIS.

TRAVELLER ( berpindah – pindah / mencari ilmu di mana saja )
Dalam suatu kelompok atau organisasi yang dipimpin, seorang pemimpin mengajarkan/memberikan gambaran mengenai tempat – tempat dan ilmu pengetahuan yang didapat dari tempat lain. Pemimpin yang baik bisa memimpin atau mampu memimpin di tempat dan dimana pun, dan dengan siapa pun.

INFORMATION HUNGRY ( Selalu merasa membutuhkan Informasi )
Untuk menjadi seorang pemimpin yang benar-benar memimpin diperlukan pengetahuan yang besar untuk bisa memimpin. Karena dengan memiliki pengetahuan dan informasi yang luas mengenai perusahaan, maka pemimpin bisa menyelesaikan masalah-masalah yang ada serta bisa memberikan masukan-masukan yang bernilai untuk meningkatkan perkembangan perusahaan. Seorang pemimpin yang mempunyai informasi yang banyak baik mengenai perusahaan maupun informasi tentang perkembangan zaman akan bisa memberikan manfaat bagi dirinya sendiri di dalam kehidupannya.
Yang menjadi pertanyaan, apakah informasi yang sangat dibutuhkan?

Terdapat di dalamnya, informasi mengenai :
·         Perkembangan dan kendala perusahaan
·         Persaingan dan hambatan perusahaan dengan pihak lain
·         Tantangan perusahaan
·         Perekonomian secara umum
·         Pengetahuan pengembangan bawahan
·         Kebijakan atasan
·         Perkembangan dunia luar
·         Kemajuan tehnologi, dsb

VOCAL
Seorang pemimpin yang BAIK, akan mewakili yang BAIK – BAIK pula. Seperti kebijakan yang baik. Peraturan yang baik. Untuk itu, dalam menciptakan suasana yang baik, dibutuhkan arahan yang kuat, dalam unsur baik. Bagaimana seorang pemimpin bisa di dengar atau menjadi inspiratis buat bawahan dan orang lain. Dia pun juga harus menjadi PENDENGAR yang baik terlebih dulu, kemudian menjadi PEMBICARA atau PENGARAH yang baik.
BANYAK MASUK, BANYAK KELUAR. SEDIKIT MASUK, SEDIKIT KELUAR. TIDAK ADA YANG MASUK, TIDAK ADA YANG KELUAR.


EXPOSE ( tampil yang terbaik )
Dengan memiliki ke 5 karakter di atas, diharapkan bisa ter – expose, atau menjadi perhatian publik yang baik. Seorang pemimpin biasanya menjadi pusat perhatian, minimal dari bawahan nya, untuk dijadikan CONTOH yang baik.
Untuk itu, seorang pemimpin diharapkan semua pihak untuk TAMPIL yang TERBAIK, dengan performance yang baik. Nilai performance yang baik :

·         Mental yang baik
·         Penampilan yang baik
·         Pengetahuan dan kemampuan yang baik
·         Akhlak yang baik
·         Naluri dan insting yang baik
·         Jiwa pemimpin yang baik
·         Prioritas yang baik

Pemimpin yang baik, dengan motivasi yang kuat, adalah pemimpin yang bisa membuat sekelilingnya (bawahan) bisa menjadi pemimpin yang baik juga.

No comments:

Post a Comment

Madul SMK Kurikulum 2013 kelompok TIK